Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Sengatan Lebah, Cara Menghindari dan Pengobatan

Bahaya dari Sengatan Lebah atau Tawon dan sebangsanya tentu saja tergantung dari daya bisa si lebah itu sendiri, ada yang Fatal dan ada juga yang hanya menimbulkan iritasi ringan. Tetap saja berbahaya namanya, ada juga yang sampai seperti gambar di bawah ini.


Cara Agar Terhindar dari Sengatan Lebah
  • Hindari memakai aftershave atau parfum.
  • Hindari meminum minuman beraroma dan berasa manis.
  • Hindari memakai pakaian berwarna cerah, warna cerah bisa menarik perhatian lebah.
  • Tutupi makanan dengan penutup jika berada diluar ruang.
  • Jika lebah atau tawon mendekati anda, jangan panik atau melambai-lambaikan tangan untuk mengusirnya. Duduk atau berdirilah dengan tenang dan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang membuat lebah merasa terancam.
  • Berhati-hatilah saat berkebun, karena di kebunlah habitat mereka.
  • Segera lakukan penanganan medis jika timbul gejala-gejala berbahaya akibat sengatan lebah.

Tips Mengatasi Sengatan Lebah – Jika Sudah Tersengat.
Terkena sengatan lebah pastinya sangat menyakitkan bukan? Rasa terbakar, nyeri dan diikuti dengan timbulnya benjolan pada tempat dimana lebah menancapkan sengatnya,merupakan efek yang timbul dari sengatan lebah pada tubuh manusia.

Jika ini terjadi pada kamu atau orang disekitarmu,berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sengatan lebah :

  • Lepaskan perhiasan seperti cincin (jika memakai),seandainya yang disengat lebah adalah di daerah tangan.
  • Segera lepaskan lebah atau sengat yang ditinggalkanya dari anggota tubuh.Tapi ingat,jangan asal main cabut begitu saja.Karena bisa jadi racun yang keluar malah semakin banyak,ini dikarenakan kantong bisa pada pangkal sengat lebah tersebut tertekan saat mencabut.Sebaiknya pergunakan pinset,lalu tarik mulai dari bagian yang paling dekat dengan kulit pada sengat lebah yang masih menempel.
  • Kompres anggota tubuh yang tersengat lebah menggunakan es atau air dingin,atau bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan air.
  • Ada beberapa bahan rumahan yang dapat digunakan untuk mengobati dari sengatan lebah ini,diantarnya : madu,gula merah,bawang merah,bunga sepatu atau daging mentah yang dibasahi.Cara menggunakan bahan tersebut cukup mudah,tinggal di oleskan pada lokasi tempat lebah menancapkan sengatnya.Kemudian diamkan sampai mengering,dan…… jangan digaruk icon biggrin Tips Mengatasi Sengatan Lebah
  • Sedapat mungkin,jaga daerah yang terkena sengatan lebah agar tetap bersih dan kering.
  • Minum obat penghilang rasa sakit seperti aspirin.
Jangan menganggap enteng sengatan lebah, karena ada reaksi sengatan lebah yang mematikan bagi manusia.Berikut ini gejala yang dialami seseorang apabila tersengat lebah dan sangat dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis,diantaranya: Sesak nafas,sulit menelan makanan,timbulnya bintik merah yang tidak biasa,perut mengalami mual dan kram,muntah-muntah,timbul bengkak tetapi bukan di tempat sengatan lebah.

Kebanyakan serangga seperti lebah menyengat manusia karena merasa terganggu,karena memang sengat tersebut diciptakan dan digunakan untuk mempertahankan diri.Ternyata kalimat “jangan ganggu jika tak mau diganggu” juga berlaku pada serangga icon smile Tips Mengatasi Sengatan Lebah

Tapi adakalanya ketidak sengajaan itu berpihak pada manusia,atau mungkin si lebah juga yang terlalu sensi dengan ulah manusia icon biggrin Tips Mengatasi Sengatan Lebah