Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binatang Paling Berisik Suara Terkeras Di Dunia

Manusia berteriak sekeraskerasnya rata rata mencapai 85dB, suara yang sangat menyakitkan telinga. Jika anda berfikir bahwa pacar anda memeiliki suara paling berisik di dunia, anda salah. Ada mahluk mahluk didunia ini yang suaranya sangat keras bahkan ada yang mencapai 230 dB. Mari kita ulas satu persatu hewan dengan suara terkeras di dunia

10. Lion


Singa bisa mengaum dari 110 db ke 114 db. auman mereka dapat mencapai jarak 5 mil. Mereka melakukannya untuk menandakan wilayah mereka dan menakut-nakuti saingannya. Mereka juga mengaum untuk berkomunikasi. Sebuah kebanggaan bagi singa dapat menguasai wilayah yang sangat besar hingga 160 mil persegi dengan aumannya membantu menjaga wilayah mereka tanpa harus berada diseluruh wilayah tersebut.

9. Hyena


Hyena adalah binatang kecil yang keras kepala. Mereka bahkan pernah diketahui membunuh singa. Kekuatan mereka terletak pada jumlah kawanan dan ketekunannya. Berburu secara berkelompok membutuhkan banyak komunikasi dan hyena memiliki kosakata suara yang baik. Mereka bisa tertawa ketika terancam dan membuat suara sambil berburu dengan kekuatan 112 db.

8. Serigala Abu-abu


Salah satu hewan paling terkenal yang dikenal karena lolongannya adalah serigala abu-abu. Serigala adalah hewan yang berkawanan dan melolong untuk berkomunikasi dalam kawanan. Lolongan mereka bisa berada di mana saja dan kekuatan bunyinya mulai dari 90 db sampai 115 db dan yang lebih fenomenalnya, lolongan mereka bisa mencapai hingga 50 mil persegi pada kondisi tertentu. Mereka melolong untuk mengumpulkan kawanan, menandakan wilayah atau untuk berkomunikasi satu sama lain.

7. Gajah


Gajah sangat cerdas dan menggunakan banyak suara untuk komunikasi. Yang paling terkenal adalah suara terompet yang mereka buat ketika gembira, sedih atau marah. Mereka juga dikenal dapat menghasilkan suara infrasonik yang sangat keras dan dapat menjangkau jarak hingga 10 mil. Intensitas yang dapat dicapai oleh gajah sebesar 117dB

6. Monyet Howler


Seperti namanya monyet howler. Mereka adalah hewan yang sangat sosial dan hidup dalam kelompok besar serta memiliki berbagai suara untuk berkomunikasi satu sama lain. Mereka juga dikenal sebagai hewan darat yang memiliki suara paling keras. Lolongan mereka dapat mencapai hingga 128 db dan mencakup area seluas 3 mil. Mereka bisa membuat suara-suara tersebut dengan tulang hyoid yang diperbesar.

5. Burung Kakapo


Kakapo berasal dari keluarga burung beo dan merupakan burung yang memiliki suara paling keras. Panggilan perkawinan mereka dapat mencapai hingga 132 db dan menempuh jarak 4 mil. Suara yang keras dibuat dengan menggunakan kantung udara toraks. Mereka juga membuat panggilan bernada tinggi. Mereka tidak bisa terbang, hewan nokturnal ini memiliki berat mencapai 2-4 kg pada saat dewasa. Mereka dapat hidup sampai 90 tahun.

4. Green Grocer Cicada


Cicada adalah serangga yang memiliki suara yang paling keras. Mereka bernyanyi untuk menarik pasangan dan suara mereka bisa mencapai lebih dari 120 db serta dapat mencapai jarak lebih dari satu mil. Mereka menghasilkan suara musik drum yang disebut tymbals terletak di perut mereka. Perut berongga membantu dalam memperkuat suara yang dihasilkan oleh kontraksi otot-otot internal. Mereka berkelompok bersama-sama saat menyanyikan lagu kawin mereka, sehingga membingungkan burung dan predator lainnya.

3. Kelelawar Bulldog


Kelelawar menggunakan suara untuk menavigasi dirinya yang dikenal sebagai echolocation. Kelelawar bulldog menghasilkan suara paling keras di antara kelelawar dan dapat mencapai 140 db. Mereka menggunakan echolocation untuk melacak gerakan ikan di dalam air dan juga dikenal sebagai kelelawar nelayan air. Suara mereka tidak terdengar oleh manusia seperti di kisaran ultrasonik mencapai dari 20 KHz hingga 200 KHz.

2. Udang Tiger Pistol



Udang tiger pistol adalah hewan yang unik dan menarik. Ditemukan di Mediterania, mereka memiliki cakar yang dapat menembakan jet air pada kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan tinggi yang menciptakan gelembung udara. Ketika gelembung meledak, ledakan tersebut menciptakan gelombang kejut yang membunuh ikan dengan jarak 2 meter. Hal ini menciptakan suara sekitar 200dB dibandingkan suara tembakan. Dengan ledakan dari gelembung juga menghasilkan suhu yang tinggi seperti matahari. Dimana hal tersebut menyebabkan kilatan cahaya muncul setiap kali udang ini menembakan pistolnya.

1. Paus


Paus dikenal karena nyanyian mereka. Paus biru, hewan terbesar di bumi, dapat menghasilkan bunyi yang keras hingga mencapai hingga 188 db. Panggilan ini dapat mencapai jarak hingga 500 mil di bawah air. Tapi yang memiliki suara yang paling keras adalah ikan paus sperma. Mereka dapat membuat serangkaian bunyi “klik” yang bisa mencapai 230 db, hal ini menjadikannya hewan yang memiliki suara paling keras di dunia. Bunyi “klik” hanya berlangsung selama 15 sampai 30 milidetik dan dapat tetap terdengar ke ikan paus sperma sejauh 10 mil.