Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binatang Terpintar Di Bumi IQ Tertinggi Dunia Hewan

Tingkat kepintaran hewan itu bermacam macam. Ada yang tingkatannya rendah dan ada yang sangt tinggi, misalnya simpanse. Berasa seperti menonton film Planet of the apes dimana simpanse sudah bisa berfikir layaknya manusia, yang mungkin saja hal tersebut bisa terjadi. Jika di test memakai test binatang, list dibawah ini adlaah binatang yang paling pintar di bumi.

10. Portia Labiata Jumping Spider


Laba-laba ini banyak mendiami daerah kritis di daratan Afrika, Asia, dan Australia. Laba-laba ini telah mendapatkan predikat dari para ilmuwan sebagai serangga paling cerdas di dunia. Dari berbagai macam penelitian di laboratorium dan pengamatan secara langsung di habitatnya, laba-laba ini menunjukkan hal yang sangat mengagumkan. Para ilmuwan telah mencoba macam-macam kasus sederhana kepada laba-laba ini untuk mengetahui sampai sejauh mana ia dapat memecahkan masalahnya. Terbukti laba-laba ini dapat menghafal ritme yang diberikan para ilmuwan, bahkan ia dapat mengingat secara selektif target apapun yang diberikan.

9. Tikus
Tikus merupakan salah satu binatang yang cerdik dan pintar sehingga sering digunakan oleh para peneliti dalam menguji coba berbagai penelitiannya dalam laboratorium. Menurut para ahli, Tikus memiliki Psikologi yang hampir mirip dengan manusia. Tikus memiliki perasaaan sedih, gembira dan stress seperti manusia.

7. Border Collie


Anjing merupakan salah satu binatang cerdas yang selalu berada di sekitar manusia. Banyak orang yang suka memeliharanya. Anjing pada umumnya dipelihara manusia sebagai penjaga rumah, hal ini dikarenakan kemampuan anjing dalam mengenali Tuannya sehingga saat ada orang yang tidak dikenalnya mendekati, anjing akan mengonggong mengusirnya. Selain itu, Anjing memiliki naluri yang patuh dan penciuman yang tajam, jika dilatih dengan baik akan dapat membantu manusia dalam berbagai hal. Anjing sering dilatih dan digunakan sebagai pelacak dalam mencari korban saat terjadinya bencana alam serta dapat menjadi penuntun bagi Tuna Netra.  Salah satu Jenis Anjing yang paling cerdas menurut para ahli adalah Anjing Border Collie.

6. Pasifik Utara Giant Octopus


Oktopus adalah binatang laut yang memiliki 8 lengan dengan bulatan-bulatan cekung penghisapnya. Gurita mempunyai daya ingat baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam Laboratorium, Gurita mempelajari dan mengamati bagiamana cara orang membuka tutup botol sehingga saat botol diberikan kepadanya, Gurita berhasil membuka Tutup Botol tersebut

5. African Grey Parrot


Burung Kakatua adalah keluarga Burung yang pada umumnya terdapat di wilayah tropis dan hangat. Burung Kakatua memiliki kemampuan yang dapat meniru perkataan manusia, bahkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan tentunya kemampuan ini diperlukan pelatihan terlebih dahulu. Kecerdasan Burung Kakatua ini sering digunakan oleh Kebun Binatang dalam menghibur pengunjungnya.

4. Gajah


Gajah adalah Binatang darat terbesar di bumi ini, beratnya bisa mencapai 7000kg (7 ton) dengan ketinggian sekitar 4 meter. Gajah dikatakan pintar karena dapat mengenali dirinya di Cermin sehingga mengindikasikan kesadaran diri dan kognisi. Gajah mampu menggunakan peralatan meskipun tidak sehebat Simpanse. Kemampuan Gajah dalam mepergunakan peralatan biasanya digunakan oleh para pelatih Gajah di Kebun Binatang untuk atraksi menggambar. Gajah juga dianggap memiliki daya ingat yang sangat baik terutama dalam mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka.

3. Monyet rhesus 


Selain manusia, monyet genus adalah yang paling luas di dunia. Monyet Rhesus adalah yang terkenal dengan kecerdasan dan karena ini telah digunakan secara luas dalam biologi dan penelitian medis. Binatang ini memiliki memori yang luar biasa, kemampuan untuk belajar, dan membuat keputusan sendiri. Mereka menggunakan ekspresi wajah yang sangat mirip dan dipahami oleh manusia. Rhesus Monkey's telah memperlihatkan kecenderungan bunuh diri, merencanakan serangan, dan sangat sosial hewan kompleks. Mereka memiliki sistem vokal rinci yang berbagi kesamaan dengan komunikasi manusia. Penelitian tentang genome sequencing dari Monyet Rhesus selesai pada 2007, sehingga kedua primata non-manusia untuk melakukan hal ini. Hal ini menunjukkan bahwa manusia dan kera berbagi 93% DNA genetik mereka. Manusia dan kera kromosom mosaik satu sama lain. Monyet spesies ini, bersama dengan banyak orang lain, telah digunakan untuk memancing monyet sepanjang sejarah. Ini adalah gaya romawi pertarungan antara monyet dan binatang eksotis lainnya. Monkey's dilakukan mengagumkan dalam kompetisi ini, menang dengan kecerdasan. Dari ini melahirkan legenda Jacco Macacco, yang merupakan monyet dirayakan gladiator. Dengan teknik dan presisi yang luar biasa biasanya ia mengirim lawannya dalam tiga menit atau kurang.

2. Lumba-lumba Botol



Lumba-lumba adalah binatang mamalia laut yang terkenal dengan kecerdasannya. Lumba-lumba mempunyai kelebihan dalam berkomunikasi serta mampu berinteraksi dengan manusia. Beberapa kemampuan Lumba-lumba yang diterapkan dalam Teknologi manusia diantaranya seperti sistem pengiriman sinyal suara di dalam air untuk mencari jalan, mendeteksi mangsa dan peringatan bahaya. Sinyal suara yang dikirimkan tersebut jika mengenai suatu benda akan dipantulkan kembali sebagai gema. Sinyal suara ini disebut oleh Sonar oleh para ahli. Kemampuan Lumba-lumba inilah yang kemudian dikembangkan menjadi Radar Kapal Selam. Kecerdasan mereka ini juga sering digunakan oleh Kebun Binatang untuk melakukan atraksi-atraksi yang menarik perhatian pengunjung.

1. Simpanse


 
Simpanse merupakan keluarga Hominidae yang menurut para ahli adalah binatang terpintar di muka bumi ini. Keluarga Hominidae lainnya seperti Gorilla, Bonobo (kera besar) dan Orangutan. Simpanse mampu membuat peralatan yang kemudian menggunakannya untuk berburu makanan. Mereka menggunakan Strategi dan bekerjasama dalam berburu makanan yang diinginkan, memiliki status sosial dan tingkatan serta mampu mempengaruhi satu sama lainnya. Mereka juga mampu menipu dan belajar menggunakan Simbol. Simpanse bahkan mampu mengerti aspek bahasa manusia termasuk sintaks relasi, konsep angka dan urutan numerik serta mampu membuat perencanaan spontan untuk kejadian ataupun keadaan di masa depan